Ilmu Pengetahuan, Informasi Terkini, tips and triks

Ruang Lingkup Manajemen Singkat dan Lengkap

Halo sobat education 
Apa kalian? alhamdulillah baik saya-pun dalam keadaan sehat.

Kalian sekarang lagi banyak tugas ya?
Gak tau harus gimana cara mengatur waktu mengerjakan tugas dengan waktu main kalian?

Itu semua bisa diatasi jika kaian bisa menerapkan manajemen dalam hidup kalian.
oleh sebab itu materi yang kita bahas kali ini yaitu Ruang Lingkup Manajemen.

Ok langsung saja ke topik ya Sobat Education.



Ruang Lingkup Manajemen-Manajemen merupakan hal terpenting dalam sebuah organisasi, karena diperlukan manajemen yang baik untuk melangsungkan keberhasilan suatu organsisasi atau kelompok. Oleh sebab itu perlulah kita mempelajari Manajemen.


A. Definisi Manajemen
    Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui         orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.

B. Proses Manajemen
  1. Perencanaan: Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi         kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk     mewujudkan target dan tujuan organisasi.
  2. Pengorganisasian: Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah               dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan           tangguh,sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif,dan dapat memastikan bahwa semua   pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efesien guna pencapaian tujuan organisasi.
  3. Pengarahan: Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dala         organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
  4. Pengendalian: Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
 C. Pembagian Manajemen
  1. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagiamana SDM yang           terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaanyang senantiasa konstan ataupun bertambah.
  2. Manajemen Operasional: Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen,dengan   teknik produksi yang seefesien mungkin,dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
  3. Manajemen Pemasaran: Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan olehkonsumen,dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
  4. Manajemen Keuangan: Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh,dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.


Source:
 Pengantar Manajemen/oleh Sarinah.--Ed.1, Cet. 1--Yogyakarta: Deepublish, Maret 2017.
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Ruang Lingkup Manajemen Singkat dan Lengkap. Please share...!

0 Comment for "Ruang Lingkup Manajemen Singkat dan Lengkap"

Back To Top