Ilmu Pengetahuan, Informasi Terkini, tips and triks

Munculnya Pergolakan Di Vietnam Berdampak Terhadap Stablitas Regional Asia Tenggara

hello sobat jumpa lagi bersama saya Fathul atau kalian bisa sebut saya KiBoy oke :) hehe
kalian pernah dengar perang Vietnam? katanya perang tersebut berpengaruh besar ya terhadap stablitaas keamanan Asia tenggara saat itu? mhh kalian tidak tau?
jangan khawatir karena kali ini saya akan membagikan artikel tentang Perglakan Vietnam serta pengaruhnya Terhadap Stablitas Asia Tenggara.

oke sobat langsung saja ke TKP ya, simak artikel berikut ini :)

MUNCULNYA PERGOLAKAN DI VIETNAM BERDAMPAK TERHADAP STABLITAS REGIONAL ASIA TENGGARA
    A.    Latar Belakang Terjadinya Pergolakan Vietnam
Konflikdi Vietnam berawal dari adanya salah satu isi dari perjanjian Jenewa yaitu pembagian Vietnam menjadi dua yaitu Vietnam Utara dan Selatan. Adapun isi dari perjanjian Jenewa berisi kesepakatan dengan 6 bab dan 47 pasal, diantaranya sebagai berikut.
1.      Mengakui kemerdekaan penuh Kamboja, Laos, dan Vietnam
2.      Pembagian Vietnam menjadi dua(utara dan selatan) dengan batas garis lintang 7 derajat LU
3.      Prancis dan Republik Vietnam menarik pasukan yang ada di utara
4.      Republik demokrasi Vietnam haruspula menarik pasukan dari seluruh Vietnam
5.      Republik demokrasi Vietnam yang menguasai daerah utara di atur secara de facto
6.      Untuk penyatuan Vietnam akan diadakan pemilu pada bulan juli 1956 di bawah pengawasan komisi pengawas internasional.
Konflik semakin memuncak setelah pendeklarasian kemerdakaan Vietnam oleh ho chi minh,pemimpin pergerakan  kemerdekaan Vietnam utara, pada tanggal 2 september 1945 di Hanoi.
     B. Dampak Perang Vietnam Terhadap Stabilitas Regional Asia Tenggara 
perjanjian genewa ternyata tidak mampu menyelesaikan masalah Vietnam. Perjanjian genewa justru mengesahkan Vietnam terbagi atas Vietnam utara dan Vietnam selatan. Wilayah Vietnam utara bernama republic demokrasi Vietnam dan wilayah Vietnam selatan bernama republic Vietnam. Kedua Negara itu mempunyai ideologi dan perilaku yang berbeda. Vietnam utara berideologikan sosialis komuni, sedangkan Vietnam selatan  berideologikan liberal-kapitalis, sekali lagi tragedy kemanusiaan dan pelanggaran hak asasi manusia menjadi akibat pembagian wilayah.
Perang di Vietnam besar seakli pengaruhnya terhadap perkembangan politik di kawasan Asia, termasuk kawasan Asia Tenggara karena konflik tersebut ternyata juga merembet ke Negara-negara asia lainnya. Misalnya, di Kamboja yang juga mengalami perang saudara antara kaum nasionalis dan komunis secara langsung maupun tidak langsung juga disebabkan karena terjadinya pernag Vietnam. Adapaun pengaruhnya dari perang Vietnam antara lain.
1.      Bangsa-bagnsa di kawasan Asia Tenggara menjadi lebih waspada dan menjaga stabilitas keamanan di dalam negeri.
2.      Meningkat kerja sama keamanan dalam suatu kawasan  ASEAN.
3.      Adanya kekhawatiran Negara-negara ASEAN akan meningkatnya pengaruh ideology komunis.
4.      Timbulnya kekhawatiran terjadinya perebutan pengaruh antara Cina da Uni Soviet.
5.      Teradinya invasi Vietnam ke Kamboja.
     C.   Upaya Penyelesaian Konflik
1.      Kekalahan Vietnam Selatan dan Amerika Serikat
Peran militer Amerika Serikat memuncak pada 1968. Saat itu, ada 534.000 personel militer Amerika Serikat di Vietnam. Akan tetapi, dengan menggunakan strategi serangan Tet ke 105 kota-kota di Vietnam Selatan, pasukan Vieth Cong mampu meruntuhkan moril Amerika Serikat dan Vietnam Selatan. Pada januari 1969 Amerika Serikat, pemerintah Vietnam Utara dan Selatan, serta Viet Cong untuk pertama kali mengadakan perundingan damai di Paris, Perancis. Akhirnya, mereka menandatangani persetujuan damai, paris accordi pada 27 Januari 1973. Setelah dicapai persetujuan, pemerintah Vietnam Selatan dan perwakilan politik pasukan komunis di selatan, pemerintah Revolusioner sementara, berusaha merebut kendali di sejumlah tempat di Vietnam Selatan.
Pada tanggal 30 April 1975, presiden baru Vietnam Selatan, Duong Van Minh yang baru dilantik tanggal 28 April 1975 menyatakan menyerah tanpa syarat kepada Viet Cong. Untuk merayaka kemenangan itu, Viet Cong mengubah nama Saigon, ibukota Vietnam Selatan menjadi Ho chi Minh. Setelah jatuhnya pemerintah Vietnam Selatan pada 30 April 1979, kedua Negara ini secara resmi bersatu pada 2 Juli 1976 menjadi sebuah Negara bernama Republik Sosialis Vietnam atau yang biasanya dikenal sebagai Vietnam.
2.      Peran Indonesia dalam Penyelesaian Masalah Vietnam
Sebagai Negara anggota ASEAN, Indonesia bersama Negara ASEAN lainnya berusaha mengurangi kemungkinan timbulnya peremabsan konlfik bersenjata, diantara peran Indonesia dalam penyelesaian konflik Vietnam yaitu sbb.
a.       Pengiriman Pasukan Perdamaian ke Vietnam
1.      Pengiriman pasukan garuda IV ke Vietnam Selatan pada bulan Januari-Agustus 1973. Tugas pasukan garuda IV adalah melakukan pengawasan dan pengamatan gencatan senjata dan pertukaran tawanan perang Vietnam di bawah komando ICCS( Internasional Comissin for Controland Supervision ).
2.      Pengiriman pasukan garuda V ke Vietnam Selatan pada bulan Agustus 1973 samapai September 1974. Tugas pasukan garuda V adalah melakukan pengawasan dan pengamatan gencatan senjata dan pertukaran tawanan perang Vietnam di bawah komando ICCS( Internasional Comissin for Controland Supervision ).
3.      Pengiriman pasukan garuda VI ke Vietnam Selaan pada bulan April 1974. Tugas pasukan garuda VI adalah melakukan pengawasan dan pengamatan gencatan senjata dan pertukaran tawanan perang Vietnam di bawah komando ICCS( Internasional Comissin for Controland Supervision ).
b.      Penyelesaian Masalah Pengungsi Vietnam
Cerita ini menurut salah satu para pejuang yang berjuang untuk menyelesaikan masalah pengungsi Vietnam.  Persoalan pengungsi Vietnam ini sudah menyangkut masalah keselamatan jiwa manusia. Jadi, meskipun bertentangan dengan peraturan pemerintah, kami dengan sadar terpaksa mengabaikannya semata demi alas an kemanusiaan. Sedang para pengungsi itu, meskipun kita tidak mengnalnya tetapi sebenarnya mereka adalah manusia sama seperti kita, yang kebetulan pada saat ini sedang menderita dan sangat memerlukan pertolongan. Terlebih lagi, mereka pun tidak dapat dikategorikan sebagai musuh Negara.


ANALISIS PERGOLAKAN  MUNCULNYA PERGOLAKAN DI VIETNAM BERDAMPAK TERHADAP STABLITAS REGIONAL ASIA TENGGARA
Jadi, konflik di Vietnam tersebut di picu oleh turut canpurnya Negara-negara adidaya sepeti AS dan US yang kala itu sedang berlangsungnya perang dingin antar kedua Negara tersebut. Hal tersebut menyebabkan terjadinya perebutan kekuasaan anatra AS dan US sehingga Vietnam terpecah menjadi 2 yaitu( utara dan selatan ). Vietnam selatan dipengaruhi oleh ideology Liberalis AS, sedangkan vietnam Utara dipengaruhi oleh ideology Komunis US. Oleh sebab itu, oleh sebab itu ecahlah perang saudara antara Vietnam Selatan dengan Vietnam Utara.
AS khawatir terhadap kepemimpinan Ho Chi Minh yang mencanangkan terbentuknya National Liberalitation (NLF) atau Front pembebasan Nasional atau Viet Cong. Oleh sebab itu, AS menambahkan pasukannya di Vietnam Selatan untuk membendung perlawanan Vietnam Utara, namun dengan startegi serangan tet ke 105 kota-kota di Vietnam Selatan, pasukan Viet Cong mampu meruntuhkan moril Amerika Serikat dan Vietnam Selatan. Akhirnya Vietnam Utara dan Selatan bersatu.
Perang Vietnam banyak menimbulkan korban Jiwa dan menyebabkan stabilitas keamanan di Asia Tenggara menjadi tidak stabil, terutama setelah Vietnam menginvasi Kamboja. Melihat hal itu, Negara-negara ASEAN berusaha menyudahi konflik tersebut lewat jalur diplomasi atau perundingan. Selain itu, Indonesia juga turut berperan dalam mebantu korban bencana perang berupa evakuasi korban dan memberikan pelayanan kesehatan dan pangan untuk korban Vietnam.


KESIMPULAN

Jadi dapat kita simpulkan, perang Vietnam memiliki pengaruh besar terhadap stabilitas Regional Asia Tenggara, terutama dalam keamanan dan pengaruh Ideologi Negara AS dan US. 


 oke sahabt Fathul Education, sekian dulu ya. samapai ketemu lagi pada materi berikutnya. semoga materi kali ini bermanfaat untuk kita semua. dan jangan lupa untuk selalu stay danmenantikan artkel terbaru dari Fathul Education. follow My IG fathul_yusri11 see you guys



Daftar Pustaka
Sawitri, Indah dan Cahyono, Eko. 2016. Paket Sejarah Peminatan Kelas XII SMA Kurikulum 2013. Surakarta: Mdiatama.

Labels: Sejarah

Thanks for reading Munculnya Pergolakan Di Vietnam Berdampak Terhadap Stablitas Regional Asia Tenggara. Please share...!

0 Comment for "Munculnya Pergolakan Di Vietnam Berdampak Terhadap Stablitas Regional Asia Tenggara"

Back To Top