Ilmu Pengetahuan, Informasi Terkini, tips and triks

Tata Cara Pelaksanaan Pengurusan Jenazah dalam Islam



 Hy sobatapa kabar?...  kita sebagai umat islam pasti akan ingin menguburkan sanak saudara kita yang telah berpulang ke rahmatullah.. tapi banya yang belum tau tentang bagaimana caranya mengurus jenazah tersebut. kalian bingung bagaimana tata cara pelaksanaan kepengurusan jenazah dalam islam?
 simak materi berikut ini. Selamat membaca 😃😀


A.  Perawatan Jenazah
   Apabila  seseorang telah  dinyatakan positif  meninggal  dunia,  ada  beberapa hal yang harus disegerakan dalam pengurusan  jenazah  oleh  keluarganya, yaitu: memandikan, mengafani, menyalati  dan  menguburnya.  Namun, sebelum mayat itu dimandikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terhadap  kondisi jenazah,  yaitu  seperti berikut.
1.  Pejamkanlah matanya  dan  mohonkanlah  ampun kepada  Allah  Swt. atas segala dosanya.
2.  Tutuplah  seluruh badannya  dengan kain  sebagai  penghormatan  dan agar  tidak kelihatan auratnya.
3.  Ditempatkan di tempat yang aman dari jangkauan binatang.
4.  Bagi keluarga dan sahabat-sahabat dekatnya tidak dilarang mencium  si mayat.

B.  Memandikan Jenazah
1.  Syarat-syarat wajib memandikan jenazah
     a.  Jenazah itu orang Islam. Apa pun aliran, mazhab, ras, suku,
          dan profesinya.
     b.  Didapati tubuhnya walaupun sedikit.
     c.  Bukan  mati  syahid  (mati  dalam  peperangan  untuk
          membela  agama  Islam seperti yang terjadi pada masa Nabi
          Muhammad saw.).
2.  Yang berhak memandikan  jenazah
     a.  Apabila  jenazah  itu  laki-laki,  yang  memandikannya
          hendaklah  laki-laki pula.  Perempuan  tidak  boleh   
          memandikan  jenazah  laki-laki,  kecuali  istri dan  mahram-
          nya.
     b.  Apabila  jenazah  itu  perempuan, hendaklah  dimandikan 
          oleh  perempuan pula, laki-laki tidak boleh memandikan
          kecuali suami atau  mahram-nya.
     c.  Apabila  jenazah  itu  seorang istri, sementara  suami  dan 
          mahram-nya  ada semua, suami lebih berhak untuk
          memandikan istrinya.
     d.  Apabila  jenazah  itu  seorang suami, sementara  istri  dan 
          mahram-nya  ada semua, istri lebih berhak untuk
          memandikan suaminya.
     Kalau mayat anak laki-laki masih kecil, perempuan boleh memandikannya.  Begitu juga kalau mayat  anak perempuan  masih kecil, laki-laki boleh memandikannya. Berikut  ini  tata  cara  memandikan jenazah.
a. Di tempat tertutup agar yang melihat hanya  orang-orang  yang
    memandikan  dan yang mengurusnya saja.
b. Mayat  diletakkan  di  tempat yang tinggi seperti dipan.
c. Dipakaikan  kain basahan seperti sarung agar auratnya tidak
    terbuka.
d.  Mayat  didudukkan  atau  disandarkan  pada  sesuatu,  lantas
     disapu  perutnya sambil ditekan pelan-pelan agar semua
     kotorannya keluar, lantas dibersihkan dengan tangan kirinya,
    dianjurkan mengenakan sarung tangan. Dalam hal ini  boleh 
    memakai  wangi-wangian  agar  tidak  terganggu  bau  kotoran 
    si mayat.
e.  Setelah  itu  hendaklah  mengganti  sarung tangan  untuk 
     membersihkan  mulut dan gigi si mayat.
f.  Membersihkan semua kotoran dan najis.
g.  Mewudhukan,  setelah  itu membasuh seluruh badannya.
h.  Disunahkan membasuh  tiga sampai lima kali.
       
      Air untuk memandikan  mayat sebaiknya dingin. Kecuali  udara sangat dingin atau terdapat  kotoran yang sulit dihilangkan,  boleh menggunakan air hangat.
C.  Mengafani Jenazah
       Pembelian  kain  kafan  diambilkan  dari  uang si mayat  sendiri.  Apabila  tidak ada, orang yang selama  ini menghidupinya  yang membelikan  kain kafan. Jika ia tidak  mampu,  boleh  diambilkan  dari  uang  kas  masjid,  atau  kas  RT/RW,  atau  yang lainnya  secara sah.  Apabila tidak ada sama sekali, wajib atas orang muslim yang mampu untuk membiayainya.
   
   Kain kafan paling  tidak  satu lapis. Sebaiknya  tiga  lapis bagi mayat  laki-laki dan lima  lapis  bagi  mayat  perempuan.  Setiap  satu lapis  di antaranya  merupakan kain  basahan.  Abu Salamah  ra. menceritakan,  bahwa ia  pernah  bertanya  kepada ‘Aisyah ra.  “Berapa  lapiskah  kain  kafan  Rasulullah  saw.?”  “Tiga  lapis  kain putih,”  jawab  Aisyah. (HR. Muslim).
   
  Cara membungkusnya adalah hamparkan  kain kafan helai  demi helai dengan menaburkan kapur barus pada tiap  lapisnya.  Kemudian,  si mayat diletakkan  di atasnya. Kedua tangannya dilipat  di  atas dada  dengan  tangan kanan di atas tangan kiri. Mengafaninya pun  tidak  boleh  asal-asalan.  “Apabila kalian  mengafani  mayat  saudara kalian, kafanilah  sebaik-baiknya.” Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 3.9 Siswa sedang praktik mengafani jenazah D.  Menyalati Jenazah Orang yang  meninggal  dunia  dalam keadaan  Islam berhak untuk di-ṡalatkan. Sabda Rasulullah saw. “á¹ salatkanlah  orang-orang  yang telah mati.”  (HR. Ibnu Majah). 
    “Salatkanlah  olehmu orang-orang yang mengucapkan: “Lailaaha  Illallah.”(HR.Daruquá¹­ni). Dengan demikian,  jelaslah  bahwa orangyangberhakdiṡalatiialahorang yang  meninggal  dunia  dalam  keadaan beriman  kepada  Allah  Swt. Adapun orang yang telah murtad dilarang untuk diṡalati. Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK (HR. Muslim dari Jabir  Abdullah ra.)
D.  Menyalati Jenazah
     Orang yang  meninggal  dunia  dalam keadaan  Islam berhak untuk di-ṡalatkan. Sabda Rasulullah saw. “ salatkanlah  orang-orang  yang telah mati.”  (HR. Ibnu Majah).  “Salatkanlah  olehmu orang-orang yang mengucapkan: “Lailaaha  Illallah.”(HR.Daruquá¹­ni). Dengan demikian,  jelaslah  bahwa orangyangberhakdiṡalatiialahorang yang  meninggal  dunia  dalam  keadaan beriman  kepada  Allah  Swt. Adapun orang yang telah murtad dilarang untuk diṡshalati.
Untukbisadiṡalati, keadaan simayat haruslah:
1.  suci, baik suci badan, tempat, dan pakaian.
2.  sudah dimandikan dan dikafani.
3.  jenazah sudah berada di depan orang yang menyalatkan  atau
     sebelah kiblat.
Tata cara pelaksanaan  ṡalat  jenazah adalah sebagai berikut.
1.  Jenazah  diletakkan  paling  muka.  Apabila  mayat  laki-laki, 
     Bhendaknya  imam berdiri  menghadap  dekat  kepala  mayat. 
     Jika mayat  wanita, imam  menghadap dekat perutnya.
2.  Letak imam paling muka diikuti oleh para makmum.  Jika  yang
     menyalati sedikit, usahakan dibuat 3 baris/ṡaf.
3.  Mula-mula  semua  jamaah  berdiri  dengan  berniat 
     melakukanṡ salat  jenazah dengan empat takbir. Niat tersebut
     jika dilafalkan sebagai berikut:

   
    Artinya:  “Aku  berniat  ṡalat    
                   atas  jenazah  ini  empat  takbir  fardu  kifayah  sebagai makmum karena  Allah  
                   ta’ala.”
4.  Kemudian  takbiratul  ihram yang pertama,  dan setelah takbir  pertama  itu selanjutnya membaca surat  al-Fātihah.
5.  Takbir  yang kedua,  dan setelah  itu,  membaca  salawat  atas Nabi Muhammad saw. 


6.  Takbir yang ketiga, kemudian membaca  doa untuk jenazah. Bacaan doa bagi jenazah adalah sebagai berikut:


Artinya:  “Ya  Allah, ampunilah ia, kasihanilah ia, sejahterakanlah ia, maafkanlah kesalahannya.
7. Takbir yang keempat, dilanjutkan dengan membaca doa sebagai
    berikut:  


     
    Artinya:  “Ya  Allah,  janganlah Engkau menjadikan    
    kami  penghalang  dari mendapatkan  pahala, dan janganlah   
    engkau  beri  kami  fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami
   dan dia.”  (HR Hakim)
8.  Membaca salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri.













E.  Mengubur  Jenazah
    Perihal mengubur jenazah ada beberapa penjelasan sebagai berikut.
1.  Rasulullah saw. menganjurkan agar jenazah segera dikuburkan,
     sesuai sabdanya: 

   



    Artinya:  “dari  Abu Hurairah ra. Dari Nabi Muhammad saw.
      bersabda: Segerakanlah menguburkan jenazah....”  (H.R. Bukhari Muslim)
2.  Sebaiknya menguburkan jenazah pada siang hari. Mengubur
     mayat pada malam  hari diperbolehkan  apabila  dalam 
     keadaan  terpaksa seperti  karena  bau yang  sangat  menyengat
     meskipun  sudah diberi  wangi-wangian,  atau  karena sesuatu
     hal lain yang harus disegerakan untuk  dikubur.
3.  Anjuran meluaskan lubang kubur. Rasulullah  saw. pernah 
     mengantar  jenazah sampai  di kuburnya. Lalu,  beliau  duduk di tepi  lubang kubur, dan  bersabda, “Luaskanlah pada bagian  kepala,  dan luaskan  juga  pada bagian  kakinya.  Ada beberapa kurma baginya di surga.”  (HR. Ahmad  dan Abu  Dawud)
4.  Boleh menguburkan  dua tiga jenazah dalam satu liang kubur.
     Hal itu dilakukan sewaktu usai perang Uhud.  Rasulullah saw.
     bersabda,  “Galilah dan dalamkanlah. Baguskanlah dan
     masukkanlah  dua atau tiga  orang di  dalam satu liang kubur.
     Dahulukanlah (masukkan lebih  dulu)  orang yang  paling  banyak 
     hafal  alQur’ān.”  (HR. Nasai dan  Tirmidzi dari Hisyam bin  Amir
    ra.)
5.  Bacaan  meletakkan  mayat dalam  kubur.   Apabila meletakkan
     mayat  dalam kubur, Rasulullah saw. membaca: 

     


    Artinya: Dengan nama Allah dan nama agama Rasulullah.
    
    Dalam riwayat lain, Rasulullah saw. membaca: 
   




Artinya:  Dengan nama  Allah  dan nama agama Rasulullah  dan
    atas nama sunnah Rasulullah.” (HR. Lima ahli  hadis, kecuali 
    Nasai dan Ibnu Umar ra.)
6.  Larangan memperindah kuburan. Jabir ra. menerangkan, 
     “Rasulullah saw. melarang mengecat kuburan, duduk, dan
      membuat bangunan di atasnya.” (HR. Muslim)
7.  Sebelum dikubur, ahli waris atau keluarga hendaklah bersedia
     menjadi penjamin atau menyelesaikan atas hutang-hutang si
     mayat jika ada, baik dari harta yang ditinggalkannya  atau  dari 
     sumbangan  keluarganya.  Nabi  Muhammad  saw. bersabda: 
    “Diri orang mu’min itu  tergantung  (tidak  sampai  ke  hadirat 
     Tuhan), karena hutangnya, sampai  dibayar dahulu utangnya itu
     (oleh keluarganya).” (HR.  Ahmad dan  Tirmidzi dari  Abu
     Hurairah ra.)

F.    Ta’ziyyah
     (Melayat) Ta’ziyyah  atau melayat  adalah mengunjungi  orang yang sedang tertimpa  musibah kematian  salah seorang keluarganya dalam rangka  menghibur  atau  memberi semangat.  Para  mu’azziy³n  (orang laki-laki  yang ber-ta’ziyyah) atau mu’azziyāt  (orang perempuan yang ber-ta’ziyyah) hendaknya memberikan  dorongan kekuatan mental  atau  menasihati  agar  orang yang tertimpa  musibah tetap sabar dan tabah menghadapi  musibah ini.  Umayah  ra.  mengatakan  bahwa  anak perempuan Rasulullah  saw. menyuruh seseorang untuk memanggil dan memberi tahu beliau  bahwa anaknya  dalam keadaan  hampir mati. Lalu, beliau  bersabda, “Kembalilah engkau kepadanya. Katakan bahwa segala yang diambil dan yang diberikan,  bahkan  apa pun yang  ada di  hadapan kita  kepunyaan  Allah.  Dialah yang menentukan ajalnya, maka suruhlah ia sabar  dan tunduk kepada perintah.” (HR. Bukhari Muslim)
Adab (etika) orang ber-ta’ziyyah  antara lain seperti berikut.
1.  Menyampaikan doa untuk kebaikan dan ampunan terhadap
     orang yang meninggal serta kesabaran bagi orang yang
     ditinggal.
2.  Hindarilah pembicaraan yang menambah sedih keluarga yang
     ditimpa musibah.
3.  Hindarilah canda-tawa apalagi sampai terbahak-bahak.
4.  Usahakan turut menyalati mayat  dan turut mengantarkan  ke
     pemakaman sampai selesai penguburan.
5.  Membuatkan makanan bagi keluarga yang ditimpa musibah.
     Demikian  diperintahkan  Rasulullah  saw. kepada  keluarganya 
     sewaktu keluarga Ja’far ditimpa kematian (HR. Lima  Ahli Hadis
     kecuali Nasai).

G.  Ziarah Kubur
    Ziarah  artinya  berkunjung,  kubur  artinya  kuburan.  Ziarah  kubur  artinya berkunjung ke kuburan.  Awalnya Rasulullah  saw. melarang umat Islam untuk berziarah kubur karena dikhawatirkan akan melakukan sesuatu hal yang tidak baik, misalnya  menangis  di atas kuburan, bersedih, meratapi,  bahkan yang lebih bahaya adalah mengultuskan  mayat yang ada di kuburan.  Akan tetapi,  karena mengingat  mati itu penting, dan di antara mengingat  mati adalah ziarah kubur,  Rasulullah saw. menganjurkan berziarah dengan tujuan untuk mengingat mati. Rasulullah saw.  bersabda:





Artinya:  “Dari  Abdullah bin Buraidah berkata, Rasulullah  saw.  bersabda: “Aku pernah melarang kalian  berziarah kubur, maka sekarang berziarahlah kalian ke kubur.”(HR.Nasā’i)

Di antara hikmah dari ziarah kubur ini antara lain seperti berikut.
1.  Mengingat  kematian.
2.  Dapat  bersikap  zuhud  (menjauhkan diri dari sifat
      keduniawian).
3.  Selalu  ingin berbuat  baik sebagai bekal kelak di alam  kubur
     dan hari akhir.
4.  Mendoakan  si  mayat  yang  muslim agar  diampuni  dosanya  dan  diberi kesejahteraan di akhirat.

  Apabila kita mau berziarah  kubur, sebaiknya  perhatikan  adab  atau  etika berziarah kubur, yaitu seperti berikut.
1.  Ketika  mau berziarah,  niatkan  dengan ikhlas karena  Allah
      Swt., tunduk hati dan merasa diawasi oleh  Allah Swt.
2.  Sesampai di pintu kuburan, ucapkan salam sebagaimana yang diajarkan  oleh Rasulullah saw.: 




Artinya:  “Keselamatan semoga tetap  bagimu wahai ahli kubur dan Insya  Allah kami akan bertemu dengan kamu semua.”  (HR. Tarmidy) 3.  Tidak banyak bicara mengenai urusan dunia di atas kuburan.
4.  Berdoa untuk ampunan dan kesejahteraan  si mayat  di alam 
      barzah  dan akhirat kelak.
5.  Diusahakan  tidak  berjalan  melangkahi  kuburan  atau 
     menduduki  nisan  (tanda kuburan).

Sekian dulu ya kawan, tunggu materi berikutnya waktu berikutnya, jika kalian ingin mencari apa yang belum kalian ketahui coment ya, by.

Instagram @fathul_yusri11
Labels: Agama

Thanks for reading Tata Cara Pelaksanaan Pengurusan Jenazah dalam Islam. Please share...!

0 Comment for "Tata Cara Pelaksanaan Pengurusan Jenazah dalam Islam"

Back To Top